Artikel Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif
ARTIKEL AKSI NYATA
MODUL 1.4. BUDAYA POSITIF DI UPTD SMP NEGERI 1 BANGKALAN
Oleh:
Muhammad Zulkifli, M.Pd
Dalam membangun
budaya positif pada murid, seyogyanya seorang pendidik melakukan pembiasaan
disiplin positif. Pemberian hukuman dan penghargaan selama ini dianggap sebagai
bentuk pendisiplinan untuk murid. Mungkin pada saat murid mendapatkan hukuman
atau reward, murid akan bersikap seperti yang diharapkan dan diinginkan oleh
kita. Namun, semuanya itu bersifat sementara karena pemberian hukuman atau
reward merupakan motivasi dari luar (ekstrinsik) bukan dari dalam diri murid
(intrinsik). sehingga yang melatar belakangi saya melakukan aksi nyata ini
adalah “Masih terdapat beberapa murid yang belum menunjukkan sikap disiplin di
kelas/ di sekolah”. Dan salah satu sikap murid yang tidak disiplin diantaranya
yaitu datang terlambat saat sekolah dan tidak mengerjakan tugas yang diberikan
guru.
Tujuan
Dari latar belakang di atas, adapun tujuan dari aksi nyata yang saya lakukan, yaitu:
- Untuk menciptakan budaya positif di kelas/ di sekolah
- Menumbuhkan motivasi intrinsik pada murid melalui penerapan segitiga restitusi dalam melaksanakan nilai kebajikan.
Tolak Ukur
Adapun yang menjadi tolak ukur saya
dalam menciptakan budaya positif di kelas / di sekolah, khususnya di SMP Negeri
1 Bangkalan, yaitu:
1.
Terbentuknya
kesepakatan dan keyakinan kelas.
2.
Murid
menunjukkan perubahan perilaku positif.
3.
Murid
lebih disiplin waktu.
Lini Masa Tindakan yang Akan Dilakukan
- Melakukan kolaborasi dan koordinasi dengan rekan guru dan kepala sekolah dalam menjelaskan pentingnya menanamkan budaya positif dan keyakinan kelas di sekolah.
- Berkolaborasi dengan dewan guru dalam menyusun budaya positif keyakinan kelas di setiap kelas.
- Melaksanakan pemantauan, refleksi, dan evaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Dukungan yang Dibutuhkan
- Dukungan motivasi dari kepala sekolah, rekan guru, murid, dan warga sekolah.
- Ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan budaya positif.
Comments
Post a Comment